Tuesday, August 02, 2005

Amabi - West Timor - NTT


Fettor/Raja Gideon Amabi, West Timor
Posted by Picasa

4 comments:

Anonymous said...

Museum di Belanda Minta, Koleksi

Kupang, Pelita

Sejumlah museum di Negeri Belanda, dikabarkan sangat menggemari motif tenun ikat dari semua etnis di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan meminta kolega mereka di Kupang, Leopold Nisnoni, mengirimkan buku yang memuat semua koleksi tersebut untuk dipajang di museum.
Nisnoni, kepada pers di Kupang, Senin mengatakan, semula dia menjalin kontak pribadi dengan pemerhati etnologi dari Belanda, Donald P. Tick.

"Donald dalam beberapa kali penelitian mengenai asal-usul dan silsilah para raja di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menginformasikan tenun ikat di Belanda dan museum di Belanda meminta buku yang memuat koleksi tenun ikat," kata Nisnoni yang juga pewaris tahta Kerajaan Kupang itu.

Nisnoni yang fasih berbahasa Belanda itu mengatakan, bulan lalu, Donald datang ke Kupang, membawa sebuah buku ensiklopedi raja-raja Indonesia, termasuk bab khusus tentang keturunan raja-raja di NTT dan menyerahkannya pada Badan Arsip Daerah.
Penyerahan ensiklopedi raja-raja di Indonesia itu, dilakukan di Badan Arsip Daerah, NTT, di Kupang, dengan upacara adat Timor.

"Karena itu bagi mereka yang membutuhkan silsilah para raja di NTT bisa datang ke Badan Arsip Daerah," katanya dan menambahkan, setelah menyerahkan ensiklopedi tersebut, Donald melakukan penelitian etnis ke sejumlah tempat di Timor.

Tempat-tempat yang didatangi itu, antara lain, Amabi di Kupang, Amanatun, Amanuban, Insana, bahkan Oecusse di Timor Timur dan kemudian menyeberang ke Pulau Rote dan Semau.
Raja Kupang dan Amabi kemudian menjadikan Donald sebagai warga kehormatan Sonaf (Istana Raja) Amabi dan Sonaf KotaE di di Bakunase, di mana Leopold Nisnoni sebagai pewaris tahta kerajaan tinggal bersama keluarga.

Donald, kata Nisnoni, begitu tertarik dengan Amanatun dan Rote-Ndao, sehingga menyatakan akan mempromosikannya sebagai tempat wisata bagi wisatawan negeri Belanda yang melakukan perjalanan wisata ke Indonesia.

"Perhatiannya terhadap masalah kebudayaan terutama etnologi demikian besar melampaui para budayawan Indonesia, sehingga kita patut menjadikan dia sebagai warga kehormatan," katanya. (dik/ant)

Anonymous said...

Amaabi OEfeto: A state in West Timor (Timor Loro Manu) which formed in 1917 the larger Kupang state ...

pandanwangie said...

Amabi: A state in West Timor (Timor Loro Manu) which formed in 1917 the larger Kupang state ...

pandanwangie said...

He is a true Christian,married with a Javanese woman,who maybe will become one of the sub-districts rulers of new division of Amabi.Before Amabi was one of the most important states of W. of W.-Timor.The actual residence and area around of the Rajas of Amabi were used for extension of Kupang city.The area for Amabi people only is now in former kind of satelite state of Amabi-Oifetto.