Wednesday, October 05, 2005

Warkah dari seberang .. continues.. 2

Afschrift Dipersembahkan

Kahadapan Padoeka Kandjeng jang

dipertoean Besar Gouverneur -

General van Nederlandsch-Indie

bersemajam - Buitenzorg.

Dengan segala hormat.

Mempermakloemkan, hamba, Tengkoe Abdoerachman bin Tengkoe Machmoed bin Tengkoe Othman bin Sultan Mohamad Muadzam Sjah, tinggal beroemah di Johore Bahru, sekarang mendjabat pekerdjaan di kantoor Mahkamah Besar (Magistraat Johore-Bahru), ambil kabranian hati mempersembahkan sepoetjoek rekest ini kahadepan Padoeka diPertoean Besar Governeur-Generaal demikian:

Terchabar, bahoea tidak lama lagi di negri Riouw dan Lingga akan diberdirikan poela "Zelfbestuur" dan diangkat seorang penggawai mendjadi "Sutan".

Djika sekiranja itoe berita betoel, mohoenlah dengan karoenianja limpah doeli agar toeroenan salah seorang dari Sultan2 jang dahoeloe kala bisa diangkat poela mendjadi Sultan.

Adapoen diperhamba adalah toeroenan dari Sultan terseboet (Sultan Machoed Riajat Shah) yang memperboeat korte verklaring dengan Pamarentah Hindia-Nederland (Korte verklaring tanggal 10 november 1784) dengan berdjalan baik selandjoetnja, hingga Sultan Moehamad Muadzam Shah (taon 1841).

Sjahdan sultan2 terseboet djadi diperhamba poenya kake.

Tersanding ini dipersembahkan soerat asal-oesoel.

Demikianlah penharapan diperhampa jang amat besar dengan karoenianja limpah doeli, moga-moga tjita-tjita deiperhampa jang do'if dapat diperkenankan.

Teriring dengan segala hormat dan rendah,

wg.

Voor eensluidend afschrift:

de Gouvernements Secretaris,