Tuesday, March 01, 2005

Banggai - Sulawesi




















Raja of Banggai,
Raja Tomundo Muhammad Chair Amir,or Raja Hideo (Amir).

1 comment:

Raja Muda Kuno said...

Keraton Raja Banggai merupakan peninggalan Raja Banggai yang keadaannya masih terpelihara dengan baik. Objek wisata budaya ini berjarak 72 kilometer dari kota Luwuk dan dapat ditempuh dengan kapal laut selama 9 jam.

Lokasi keraton terdapat ditengah kota Banggai, ibukota Kabupaten Banggai Kepulauan dimana didalamnya terdapat keris kerajaan, payung kerajaan, alat musik kulintang dan pakaian kebesaran raja.
Kerajaan Banggai diperkirakan berdiri pada abad ke 13 tahun saka 1478 atau tahun 1365 masehi. Kerajaan ini berada di bawah pengaruh Kesultanan Ternate di Maluku Utara. Bentuk bangunan keraton menyerupai keraton-keraton yang ada di Tidore dan Ternate karena hubungan historis. Kerajaan Banggai dikenal sebagai kerajaan yang paling demokratis di dunia, karena tidak mengenal putra mahkota atau ahli waris. Siapapun bisa diangkat menjadi Raja atas keputusan Basalo Sangkep. Basalo Sangkep berfungsi sebagai majelis Permusyawaratan Rakyat atau wakil rakyat.

Kerajaan Banggai juga memiliki bendera berwarna merah putih bersusun 13. Bendera ini merupakan warisan rumpun keramat Paiutobui.